Rabu, 11 Mei 2016

 BERBASIS KOMPUTER - Siswa SMPIT Assalaam Boarding School Kota Pekalongan siap mengerjakan soal ujian dengan sistem online, atau dengan model UNBK, kemarin (9/5). WAHYU HIDAYAT/RADAR PEKALONGAN

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP tahun 2016 di Kota Pekalongan hingga hari ke dua ujian, kemaren (10/5) terpantau lancar tanpa ada kendala berarti. Benarkah?
WAHYU HIDAYAT,
Pekalongan.

MESKIPUN pada hari pertama, Senin (9/5), hanya beberapa jam sebelum ujian dimulai, sempat ada instruksi mendadak dari Kemendikbud pusat untuk melakukan pergantian software ‘Exam Browser’ (Xambro) dengan versi yang lebih baru bagi semua satuan pendidikan yang menyelenggarakan UNBK, namun pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar.
“Alhamdulillah UNBK berjalan lancar. Memang pada Senin pukul 05.15, ada instruksi dari pusat mengenai perubahan xambro ke versi yang terbaru,” ungkap Koordinator Teknisi UNBK Dindikpora Kota Pekalongan, Mahfud.
“Begitu dapat instruksi, kami langsung menghubungi seluruh operator dan teknisi di sekolah penyelenggara UNBK supaya menginstall Xambro yang baru itu. Lalu pukul 07.30 sudah selesai terinstall dan sudah siap, sehingga ujian bisa dilaksanakan dengan lancar, sesuai dengan jadwal,” sambungnya.
Adanya perubahan xambro dengan yang lebih baru itu, menurut Mahfud, adalah untuk meningkatkan keamanan sistem dan program UNBK. “Dengan pergantian Xambro yang terbaru itu, sekuritinya lebih dijamin,” tuturnya.
Di Kota Pekalongan, tahun ini hanya ada tiga sekolah yang melaksanakan UNBK, yakni SMP Al-Irsyad Al Islamiyah, SMP Pius, dan SMPIT Assalaam Boarding School. Total jumlah peserta UNBK ini ada 218 siswa.
Kelancaran pelaksanaan UNBK ini sebagaimana terpantau di SMPIT Assalaam Boarding School Kota Pekalongan. Sebanyak 54 siswa peserta UNBK bisa mengerjakan soal ujian sesuai jadwal.
Kepala SMPIT Assalaam, Bambang Subekti menjelaskan, sebanyak 54 siswa yang mengikuti UNBK tersebut dibagi ke dalam dua sesi setiap harinya dengan menggunakan satu ruang.
“Sesi pertama dimulai pukul 07.30 sampai 09.30, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.30 sampai 12.30. Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala.
Kesiapan perangkat juga sudah kita siapkan dengan baik. Dibantu dari dinas juga persiapannya. Sesuai protap, kita juga menyiapkan genset untuk mengantisipasi jika listrik PLN padam,” ungkapnya. (*)

Penulis: Wahyu Hidayat 

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar sopan dan membangun. Jika tidak, kami akan menghapusnya

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube