Sabtu, 26 November 2016

Ekspresikan, Nikmati dan Pahami

Posted by Unknown On 11.49 No comments
Outing Class Seni Budaya, Bahasa Indonesia dan Matematika






Riuh sekali bunyi alat musik “apa adanya” (botol bekas, kaleng bekas, ember, galon) di Jumat pagi tanggal 25 November 2016. Belum lagi dengan suara-suara merdu dan suara yang dipaksa merdu (hehe...maklum lah saya pun kalau harus menyanyi gak bisa merdu tapi dipaksa dan tetap gak merdu) terdengar disini. Mereka sebagai kelas 7A, 7B, 7C, dan 7D mengikuti kegiatan outing class seni budaya yaitu menyanyikan medley lagu daerah dengan menggunakan alat musik sederhana dan aransemen sesuai kelompoknya masing-masing. Wah, seperti acara audisi saja. Tentunya karena memang mereka ingin menampilkan yang terbaik sehingga latihannya pun harus maksimal.

Rombongan santri kelas 8A dan 8B pun mulai bersiap menuju ruang pementasan. Kostum mereka yang beragam membuat orang yang melihatnya merasa penasaran, apa sih yang akan mereka tampilkan nanti? Mereka akan menampilkan proyek drama kelompok sebagai penilaian ketrampilan/psikomotorik mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Guru yang terlibat tentunya banyak dong...karena hari ini juga tidak ada KBM seperti biasa. Guru yang menjadi penanggung jawab adalah guru mata pelajaran yang sedang di –outing-kan. Guru lain dilibatkan sebagai juri, MC, serta panitia dokumentasi.



Nah, yang tak kalah penting nih, siswa kelas 9 pun bisa menikmati persiapan UN yang dibalut dalam acara Lomba Cerdas Cermat. Seru, pasti. Karena mereka tak melulu duduk rapi mengerjakan soal UN sepanjang hari. Sebulan sekali mereka mengikuti persiapan UN dalam bentuk Outing Class.


Beberapa santri ikhwan dan akhwat menunjukkan semangatnya untuk mengikuti outing class hari ini. Sepertinya outing memang selalu dinanti karena di waktu inilah mereka bia menikmati sajian pembelajaran yang unik berbeda dengan pembelajaran di kelas. sering dari mereka nyletuk “Setiap hari outing class saja, us?” hehe...wah tim Outing class mungkin yang harus menguras ide dan keringat. Why ? karena outing class memang dirancang berbeda mulai dari acara pementasan, LCC, outbond dan kunjungan. Acara seperti itu membutuhkan banyak tenaga dan ide. Seperti hukum aksi sama dengan reaksi. Hasilnya memang luar biasa. Para santri sembari belajar, sambil bermain dan tercipta pengalaman pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian penilaian yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan akan lebih meningkat. Well, itulah kegiatan outing class di akhir semester ini. Semoga menjadi unforgetable moment buat kita semua. [mhie]


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar sopan dan membangun. Jika tidak, kami akan menghapusnya

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube